newton's cradle (ayunan newton)

Posted by wiwied dyat on Monday, September 19, 2011



Ayunan Newton adalah alat yang menunjukkan hukum kekekalan momentum dan kekekalan energi, terdiri dari sebaris pendulum (biasanya 5). Setiap pendulum tergantung dari suatu rangka dengan 2 kawat yang sama panjang. Bila sejumlah pendulum ditarik dari satu sisi dan dilepaskan kembali, maka jumlah yang sama akan terlempar dari sisi yang lain, dan seterusnya.

Newton's cradle atau ayunan newton ini diciptakan dan diberi nama pada 1967 oleh aktor Inggris Simon Prebble. Pada mulanya dibuat dari kayu dan dijual di Harrods of London, kemudian dibuat dari chrome oleh Richard Loncraine. Dalam dunia pendidikan, Newton's cradle biasanya digunakan untuk menjelaskanhukum ketiga Newton mengenai aksi dan reaksi. Newton's cradle terbesar di dunia dibuat oleh Chris Boden dan dimiliki oleh The Geek Group diKalamazoo, Michigan. Terdiri dari 20 bola bowling seberat masing-masing 6,8 kilogram, digantung dengan kabel sepanjang 6,1 meter sekitar 1 meter dari lantai.
ayunan ini menyebabkan getaran. getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini maksudnya adalah keadaan dimana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama.
coba kamu gerakan bola/ayunan bagian kiri digambar paling atas , pasti bila bertabrakan dengan bola/ayunan yg lain bola/ayunan yang sebelah kanan akan ikut bergerak.. kejauhan gerak bola kanan sama jauhnya dengan gerak bola/ayunan kiri

sumber: Wikipedia


Artikel Terkait:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment